TUGAS 6 [Muzadi_1803015186] : "LANGKAH DASAR DAN CONTOH SIMULASI ANTRIAN"
RESUME
LANGKAH DASAR DAN CONTOH SIMULASI ANTRIAN
Simulasi Antrian adalah model dari Antrian suatu garis tunggu pelanggan yang memerlukan layanan dari satu/lebih pelayan (fasilitas layanan). Antrian timbul disebabkan karena kebutuhan akan layanan melebihi kapasitas pelayanan, sehingga pengguna fasilitas (pelanggan) yang tiba tidak bisa segera mendapat layanan. Model simulasi pada hakikatnya mempunyai sifat induktif. Misalnya dalam persoalan antrian, dapat dicoba pengaruh bermacam – macam bentuk sistem pembayaran sehingga diperoleh solusi untuk situasi atau syarat pertibaan yang mana pun.
Proses Antrian ada 3:
1. Kedatangan
2. Pelayanan
3. Antri
Struktur Dasar Sistem Antri
Konsep Dasar Simulasi:
– Menetapkan karakterisik data masukan.
– Mengkonstruksi tabel simulasi.
– Membangkitak variabel acak berdasaskan model masukan dan menghitung nilai respon.
– Menganalisi hasil-hasil.
Contoh keacakan simulasi antrian
hasil
Masalah utama dengan pendekatan tabel simulasi:
Tidak dapat digunakan atau mengatasi ketergantungan yang kompleks antar entitas Contoh Keacakan simulasi antrian
NOTE :
Ada 5 bentuk disiplin pelayanan yang biasa digunakan, yaitu :
1. FirstCome FirstServed (FCFS) atau FirstIn FirstOut (FIFO) artinya, lebih dulu datang (sampai), lebih dulu dilayani (keluar). Misalnya, antrian pada loket pembelian tiket bioskop.
2. LastCome FirstServed (LCFS) atau LastIn FirstOut (LIFO) artinya, yang tiba terakhir yang lebih dulu keluar. Misalnya, sistem antrian dalam elevator untuk lantai yang sama.
3. Service In Random Order (SIRO) artinya, panggilan didasarkan pada peluang secara random, tidak soal siapa yang lebih dulu tiba.
4. Priority Service (PS) artinya, prioritas pelayanan
sumber : https://onlinelearning.uhamka.ac.id/course/view.php?id=16963
Comments
Post a Comment